Rabu, 18 Desember 2019

MENCOBA MENJADI ENTREPRENEUR



Di penghujung tahun ini, saya mendapatkan tugas untuk mencoba berwirausaha dalam lingkup media sosial. Saya tergabung dengan 2 teman saya yang lain dalam satu kelompok.  Kami mendapat tantangan untuk berjualan/mempromosikan suatu barang yang telah kami tentukan. Kami memilih masker organik untuk dipromosikan di online shop shopee. Berikut link toko kami https://shopee.co.id/fitri_ekma?v=f25&smtt=0.0.3

Saya pribadi berperan dalam beberapa hal. Saya membuat akun shopee dan mengelolanya. Membuat akun shopee bukanlah hal yang sangat mudah bagi saya, karena selama ini saya hanya memiliki akun sebagai pelanggan/custemer. Setelah membuat akun shopee kami menunggu untuk mendapat orderan hingga hampir 2 minggu berjalan. Saya terus memantau toko kami di shopee namun tidak kunjung ada pesanan. Akhirnya saya memutuskan untuk mempromosikan di Whatsapp. Dan banyak konsumen yang membeli lewat whatsapp.

Selain itu saya juga berkontribusi dalam pembuatan laporan hasil penjualan. Laporan penjualan dibuat/disusun secara bersama-sama.  Seluruh anggota berperan dalam pembuatan laporan.

Jujur saja,  konsumen terdekat lebih tertarik membeli lewat via whatsapp dan COD dari pada harus membeli lewat shopee dan membayar ongkos kirim. Setelah banyaknya pesanan, saya juga berperan dalam mencari seller untuk saya jadikan stok pembelian barang.  Untuk saat ini total produk yang telah di pesan adalah 20 bungkus masker.

Begitulah sedikit cerita mengenai pengalaman ber wirausaha di lingkup media sosial. Semua dapat dilakukan apabila ada niat dan usaha dari masing-masing pribadi. Semoga setelah tugas ini, kami masih tetap menjalankan penjualan ini hingga nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar